Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis lisensi fonts

 jeniss jenis lisensi fonts


Jenis Jenis lisensi fonts

Seringkali orang gak paham bahwa semua font yang bisa didownload bukan berarti bisa dipakai sesuka hati ada batasan batasan tertentu dan aturan pakainya. Berikut adalah jenis jenis lisensi font beserta keteranganya :

1. Free for personal use

Free for personal use: lisensi ini membolehkan pengguna untuk mengunakan font hanya untuk keperluan pribadi. Hal yang tidak boleh dilakukan: menggunakan font untuk tujuan komersil, menjual font tanpa izin pencipta dan mendistribusikan font secara gratis/membagikan font secara gratis.

2. Free for commercial use

Free for commercial use: lisensi ini membolehkan penguuna untuk mengunakan font untuk keperluan pribadi dan komersil. Akan tetapi dilarang keras untuk menjual font tanpa izin, membagikan font secara gratis dan mendistribusikan font secara gratis.

3. 100% free

100% free. Lisensi ini sama dengan free for commercial use, yang artinya boleh mengunakan font secara pribadi dan boleh digunakan untuk kemersil.

4. Donationware

Donationware. Lisensi ini memperbolehkan penggunan untuk mengunakan font secara personal maupun tujuan komersil dengan syarat melakukan donasi terlebih dahulu kepada si pembuat font.

5. Public domain/GPL/OFL

Public domain/GPL/OFL. Lisensi public domain adalah lisensi terbuka, yang artinya terbukan untuk publik. Boleh digunakan secara personal dan komersil. Dan juga boleh untuk memodifikasi font.

6. Demo

Demo. Lisensi ini adalah membolehkan pengunna untuk mencoba font kalau cocok bisa membeli font tersebut kepada pencipta font. Intinya pencipta font mengeluarkan lisensi ini adalah untuk promosi fontnya dan agar tidak kecewa ketika membeli font tersebut, pembeli bisa mencobanya terlebih dahulu.

7. Shareware

Shareware. Linsei ini hampir sama dengan linsensi demo, tujuanya adalah agar pengguna bisa mencoba dulu font tersebut sebelum membelinya. Jadi dilarang keras untuk digunakan untuk tujuan komersil.

 

 

 

 


Posting Komentar untuk "Jenis Jenis lisensi fonts"