Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis jenis lisensi di dafont


Jenis jenis lisensi di dafont

 

Jenis jenis lisensi di dafont

Dafont adalah salah satu website terbesar menyediakan font gratis yang digandrungi banyak desaigner.

Perlu saya tekankan walaupun semua font di sana gratis,akan tetapi tidak semua font disana bisa digunakan secara gratis untuk tujuan komersil. Pastikan anda paham jenis jenis lisensi yang ada di sana agar tidak jadi masalah dikemudian hari.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan jenis jenis lisensi yang ada di dafont.

1.Linsensi public domain/GPL/OFL

Public domain/GPL/OFL  adalah lisensi terbuka untuk semua orang. Lisensi ini mengizinkan untuk memodifikasi font, mengunakan font secara personal maupun secara komersial.

2. 100% free

Lisensi ini membolehkan untuk mengunakan font secara personal maupun komersial .

3. free for personal use.

Lisensi ini hanya membolehkan untuk di gunakan secara personal/pribadi, dan sangat dilarang untuk digunakan untuk tujuan komersil atau bisnis.

4. donationware.

Donationware kalau diartikan adalah seorang kreator yang bersedia menerima donasi dari pengunaanya. Apakah font tersebut bisa digunakan untuk komersil atau tidak?. Disetiap font memiliki aturan tidak pasti dan berbeda beda . Untuk lebih jelas bisa lihat dan baca diketerangan masing masing font. Dan kalau lebih jelas lagi bisa kontak pemilik font untuk kejelasan lisensinya.

5. shareware.

Font dengan linsensi tersebut lebih cenderung ke personal use dan dilarang untuk digunakan tujuan komersil. Tapi ada juga yang hanya membolehkan untuk melakukan test font. Untuk lebih jelas bisa baca di deskripsi.

6. demo.

Demo lisensi kalu diartikan secara bahasa indonesia percobaan. Jadi font tersebut hanya boleh digunakan dicoba kalau cocok silahkan beli full versionnya. Dan jangan sekali kali gunakan font ini tujuan komersil.

7 unknown.

Unknown kalau tidak artikan artinya “tidak diketahui”. Untuk font dengan lisensi tersebut bisa baca keteranganya di deskripsi.  Atau kalalu gak ada kejelasan jenis lisensinya, bisa tanyakan langsung lewat email kepada creator font/ pembuat font.

 

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan kalalu mau cari aman. Pililahh font yang linsensi public domain/GPL/OFL dan 100% free.  Terlepas dari apa yang saya jelaskan semua. Tetap tolong dibaca deskripsinya agar untuk memasitikan lagi apakah font tersebut bisa digunakan untuk komersil . dan kalau masih kurang jelas bisa kontak ke pembuat font tersebut.

Terimakasih semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Jenis jenis lisensi di dafont"